Blogger news

Rabu, 11 September 2013

Semburan Soda dan Mentos



Semburan Soda dan Mentos
Dalam melakukan eksperimen ini terdapat tiga hal yang Anda akan perlukan:
·         Botol besar coca cola atau soda
·         Sekitar setengah pak Mentos
·         Selang ( untuk memudahkan memasukan mentos sekaligus dengan mudah)

Petunjuk:
1.     Sebelumnya pastikan bahwa Anda melakukan eksperimen ini di ruang terbuka yang aman sehingga  apabila soda menyembur dari botol semburannya tidak akan mengotori sekeliling. Jangan Anda lakukan di ruang keluarga.
2.     Berdirikan botol dan buka tutupnya. Masukan semacam selang atau alat yang dapat diletakkan di mulut botol di atasnya sehingga Anda dapat menjatuhkan mentos pada waktu yang sama (sekitar setengah paket mentos adalah jumlah yang baik).
3.     Bagian waktu yang menyenangkan! Setelah mentos masuk ke dalam botol soda, lihat reaksinya. Jika Anda telah melakukan dengan benar sebuah air mancur besar soda akan menyembur dari botol.

Apa yang terjadi?
Ada beberapa teori yang berbeda tentang bagaimana percobaan ini bekerja, alasan yang paling utama adalah kombinasi karbon dioksida di botol soda dan lobang kecil-kecil yang ditemukan pada permukaan permen mentos.

Menurut Mythbusters, permukaan Mentos mint yang dipehui dengan lubang-lubang kecil itu meningkatkan luas permukaan yang tersedia untuk reaksi sehingga jumlah reagen terkena satu sama lain pada waktu tertentu. Hal tersebut memungkinkan gelembung CO2 membentuk dengan kecepatan dan kuantitas yang cukup untuk membentuk "jet" - atau "geyser"-seperti sifat efusi tersebut.

Yang membuat minuman menjadi bersoda adalah karbon dioksida yang dipompa di saat botol minuman diisi di pabrik. Karbon dioksida tersebut tidak bisa lepas dari cairan sampai Anda menuangkannya ke dalam gelas atau meminumnya. Sebagian  akan dilepaskan ketika Anda membuka tutupnya.

Itulah yang membuat cairan itu menyembur.

0 comments:

Posting Komentar